Jumat, 28 Agustus 2015

CHUNG JU YUNG, PENDIRI HYUNDAI

Sangat mungkin sedikit yang tahu siapa dan bagaimana latar belakang kehidupan pendiri HYUNDAI Chung Ju Yung. Inilah sekilas cerita tentangnya yang dirangkum dari berbagai sumber.

Chung Ju Yung lahir pada tahun 1915 sebagai anak pertama dari delapan orang laki-laki, dan dua perempuan. Dilahirkan di Asan-RI, Song Jon Myun, Kangwon Do, sebuah daerah pegunungan K di Korea Utara. waktu itu Korea sudah di bawah koloni Jepang sejak 1910. Kampung ini sekarang berada di Korea Utara. 

Pendidikan dini Ju Yung amat kurang. Dia menjalani pendidikan dasar di Songjon dan belajar sastra China dari kakeknya, dan semasa sekolah dan tinggal di kampung, punya hoby membaca surat kabar Dong A Ilbo di kantor desa. Pendidikan formalnya berakhir ketika orangtuanya memutuskan untuk tidak menyekolahkan Ju Yung ke jenjang berikutnya. Sebab mereka membutuhkan uang untuk membantu ekonomi keluarganya.

Tetapi Ju Yung tidak mau bergelut terus dengan dengan kemiskinan. Dia bertekad untuk mencari prospek hidup yang lebih baik di Seoul. Demi keinginannya itu Ju Yung berkali-kali kabur dari kampung halamannya. Pertama kali ia kasus setelah membaca koran Dong A Ilbo, bahwa sedang dibangun pelabuhan di Chugjhi, kota dekat kota wilayah Uni Soviet yang letaknya ratusan kilometer dari tempat tinggalnya. Tetapi sayang Ju Yung tidak mendapatkan pekerjaan dan memaksanya harus tidur di ruang terbuka. Namun Ju Yung tidak menyerah, dan dalam perjalanannya ke Chugjhi, dia sempat bekerja sebagai kuli proyek pengerjaan rel kereta api. namun dalam dua bulan sang ayah berhasil menemukan Ju Yung dan membawanya pulang dan memaksanya jadi petani. Tak lama setelah pulang dia nekad kabur lagi. Lagi-lagi ayahnya berhasil menemukannya saat dalam perjalanan. Kendati dia harus bertani Ju Yung tetap mencari informasi di koran. Pada 21 April 1932, Ju Yung melihat iklan pembukaan sekolah akunting. Dan dia pergi tanpa izin.  Di sekolah tersebut Ju Yung sangat giat belajar. Selesai belajar sekolah dia mengurung diri di asrama untuk membaca habis beberapa buku. Di antaranya riwayat Napoleon Bonaparte, biografi Abraham Lincoln, dan Sam Koh(tiga kerajaan). Tokoh-tokoh dalam buku ini sedikit mengilhaminya untuk mencapai kebesaran jiwa.

Namun lagi-lagi ayahnya menemukan Ju Yung. untuk meluluhkan hati Ju Yung yang tidak mau kembali, ayahnya menceritakan bahwa keadaan keluarga di ambang kemiskinan, karena ulah dia yang kabur, sehingga menghabiskan biaya untuk mencarinya.

Puncak pelarian Ju Yung terjadi ketika desa dilanda bencana alam. Dia pun  pergi ke Seoul bersama temannya. Temannya berubah pikiran dan pulang, tetapi Ju Yung tetap pada pendiriannya. Impian untuk sukses menggerakkan jiwanya untuk tidak menyerah dan berani mengadu nasib di pelabuhan Inchon, di pesisir barat Korea Selatan. Disana dia menjadi pekerja serabutan, mulai menjadi kuli pelabuhan sampai membawa barang penumpang. 

Karena setelah sekian lama tidak mengalami perubahan nasib, Ju Yung pindah ke Seoul, dan bekerja sebagai kuli dalam pembangunannya Universitas Korea, serta bekerja di pabrik gula. Tetapi tak lama ia keluar dan menjadi pegawai di toko pertanian Bokheung Rice Store di Gyeonseong, dekat Seoul. di tokoh inilah Ju Yung mendapat imbalan layak. Lantaran etos kerjanya, dia dipercaya majikannya untuk mengelolah toko. Dari hasil kerja kerasnya ia mampu membeli tanah untuk keluarganya di Tong non, Korea Utara. Suatu saat dia disuruh pulang oleh orangtuanya, dan dia dijodohkan dengan perempuan di kampungnya, Byun Joong Suk. 

lantaran impian Jung Yun untuk sukses begitu kuat, dia kembali ke Seoul, dia mengontrak rumah di lokasi strategis dan membuka toko pertanian dengan nama Kyongil Grain Company. Tetapi baru berjalan dua tahu tokonya tutup. Ketika Jepang memberlakukan penjatahan beras untuk keperluan perangnya. Ju Yung pun kembali pulang kampung. 

Namun di usia ke 24 Ju Yung pergi ke Seoul. Dia membuka bengkel perbaikan mobil A-Do Service, usaha patungan nya dengan orang Jepang. pada tahun 1940 ia mengambil alih manajemen bengkel A-Do Service . Tetapi baru lima hari membeli  bengkel ini, api melalap isi bengkel. Tahun 1941 pukulan kembali datang, karena Jepang memulai perang Pasifik dan mewajibkan semua usaha dirampingkan. Banyak perusahaan Korea harus merger dengan perusahaan Jepang, termasuk A-Do Service. Perusahaan ini akhirnya runtuh pada tahun 1943.


KRISIS MONETER ASIA
Di akhir abad ke 20 pasar Asia terpukul karena krisis moneter hebat. Untuk menyiasatinya Hyundai memangkas produksi dan menjual sebagian aset. KIA motors ambruk dan Hyundai Automotive menguasai KIA tahun 1998 untuk bersinergi sebagai langkah antipasi menghadapi kompetitor-kompetitornya. 

Hyundai melahirkan sedan terbesar dan termewah EQUUS tahun 1999 (di beberapa negara bernama Centennial). sedan mewah ini berbasis sedan berpenggerak roda depan Mitsubishi Proudia. EQUUS mengalami desain ulang tahun 2006 dengan penggerak roda belakang dan mesin V8 opsional. 

Untuk memenuhi ambisinya menjadi perusahaan mobil dan truk terbesar di dunia, Daimler Chrysles Chief executive  Jurgen Schrempp membeli 10.5% 'saham Hyundai Motor pada bulan Juni 2000 dengan rencana membangun mobil kecil dan 100.000 unit truk per tahun dalam komposisi kerjasama 50:50. Tahun itu pula Elantra generasi ketiga lahir (kode proyek XD). Varian Wagon tidak lagi tersedia diganti dengan hatchback 5 pintu. Meski eksterior nya tergolong kompak , klasifikasi EPA menggolongkannyankemdalam kelas  medium karena interiornya yang lapang. Mesin beta 1.6 dan 2.0 liter  memberikan tenaga yang bagus dan konsumsi BBM rata ratu 11.4 km/liter di kota dan 14.4 km/liter di tol. Tahun 2002  Elantra GT. Mendapatkan penyegaran hadir dilengkapi jok kulit dan punggung yang curam. MesinBeta II dengan CVVT dan ditawarkan pada Elantra varian sedan.

Tidak seperti generasi pertama, generasi kedua Grandeur tahun 2001 juga dikenal sebagai XG300 dan XG350) tidak lagi menggunakan teknologi Mitsubhisi. Mesin yang ditawar Sigma V6 3.0 L atau 2.5 L . Mesin mesin eng kasihkan tenaga maksimal 182 HP dan 200 HP. Inilah digunakan secara umum sebagai nama mobil. XG350 versi AS Amendapatkan penyegaran tahun 2003.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar